Awas Hati-hati Upload Foto Pribadi di Media Jejaring Sosial

|


#NITIZEN.com - Dunia maya dengan beragam media sosial, memang tempat yang asyik untuk narsis. Apalagi sejak adanya Facebook (dan sebelumnya Friendster), Twitter, Instagram dll, mulai banyak orang yang percaya diri untuk pamer foto dengan berbagai pose yang dianggap paling menarik.

Tapi berapa banyak pengguna internet yang sadar apabila pamer foto pribadi bisa berujung masalah?

Media Jejaring Sosial bisa saja ternyata membuat Anda kerepotan, jika salah satu foto anda dikemudian hari disalahgunakan, semisal dibuat tambahan kata-kata seperti "Meme", dijadikan foto profil orang lain yang mungkin anda tidak mengenalnya guna penipuan dan yang lebih membahayakan yaitu diedit kemudian dirubah dengan tampilan gambar yang seronok.

Berikut ini beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum meng-upload foto di media sosial:

1. Usahakan jangan mengunggah foto diri dengan close-up wajah.
Meski anda bermaksud memamerkan wajah termanis anda, tapi foto model begini adalah sasaran empuk para editor foto iseng, wajah anda bisa tiba-tiba nempel di tubuh orang lain.

2. Resize Ukuran Foto
Selalu resize ukuran file foto yang anda upload ke ukuran yang lebih kecil. Semakin besar ukuran, semakin bagus pula kualitas foto anda, nah foto berukuran file besar tentu akan semakin bagus bila diedit ulang.

3. Pilihlah foto event atau foto Beramai-ramai
Pilihlah foto yang beramai-ramai yang tidak menonjolkan wajah satu orang tertentu saja. Selain tidak dicap narsis atau sok cakep, foto beramai-ramai dengan kawan tentu lebih cocok untuk jejaring sosial yang ada interaksi di dalamnya.

4. Setting privacy
Setting Privacy gunakan yang terbatas hanya untuk teman dekat saja yang bisa mengkses foto anda di media sosial. Di Facebook sudah ada setting ke “hanya teman” atau “only friends”, agar foto anda tidak mudah dibuka oleh pengguna selain teman anda

Related Posts