4 Tips dan Cara Memulai Usaha Bagi Pemula

|


#NITIZEN.com - Banyak orang yang menyukai dunia wirausaha, kesan mandiri akan tampak di mata diri sendiri maupun bagi orang lain yang melihat bahwa seseorang sudah mampu memiliki usaha sendiri. Meski banyak orang yang ingin mandiri dengan memiliki dan memulai usaha sendiri, namun keinginan tersebut tidak dengan mudah untuk mereka lakukan. Pada kenyataanya untuk membangun sebuah usaha dibutuhkan beberapa hal mendasar seperti; punya mental usaha, pekerja keras, siap menghadapi kegagalan dan penuh rasa percaya diri.

Namun sayangnya sikap dan sifat tersebut tidak banyak dimiliki seseorang yang ingin membangun atau memulai usaha. maka keinginan pun akan menjadi sebatas keinginan saja, dan tanpa realisasi nyata suatu apapun. Siapapun kita, bila ingin terjun di usaha mandiri namun sama sekali tidak memiliki latar belakang wirausahawan, maka segeralah beranjak dari tempat duduk Anda dan carilah banyak ilmu di luar agar Anda bisa menjadi lebih percaya diri dalam menatap masa depan.

Untuk memulai usaha khususnya bagi kita yang masih pemula, langkah-langkah berikut ini semoga bisa berguna untuk kita semua.

1. Kesiapan Mental
Apa arti dari siap mental?? Yang pasti dalam merintis atau memulai sebuah usaha seseorang harus benar-benar punya mental tangguh dalam mengarungi samudra bisnis. Menata diri dan mental bisa diwujudkan dengan banyak mempelajari buku-buku bisnis maupun berbagai informasi dari berbagai media.

2. Temukan Ide Usaha yang Tepat
Bila kita memang sudah siap mental dan bertekad untuk merintis dan memulai usaha. Maka selanjutnya adalah menentukan ide, kita harus mencari banyak inspirasi usaha kecil maupun menengah yang bisa kita bidik peluangnya. Kita pun bisa mempelajari banyak jenis usaha lewat buku mengenai cara-cara berwirausaha di bidang tertentu serta kiat-kiat apa saja agar bisa sukses di usaha tersebut. Ada banyak macam usaha yang mungkin bisa kita kuasai dalam pengelolaannya. Semua usaha tentunya punya potensi keuntungan yang tak terbatas, namun sebaiknya pilihlah salah satu saja untuk kita tekuni.

3. Sesuaikan dengan Modal
Modal adalah masalah vital dalam memulai sebuah usaha. Setelah ide, modal ini adalah sabagai penggerak nyata usaha yang akan kita bangun. Besarnya jumlah modal juga bisa kita devinisikan sebagai batas kekuatan kita dalam membangun sebuah usaha. Modal yang kita miliki tentunya bisa kita sesuaikan dengan jenis usaha ekonomis dan sesuai besarnya modal. Jangan karena terlalu menggebu-nggebu lantas kita menjadi banyak hutang setelah membangun usaha.

4. Membentuk Konsumen
Setelah mental sudah siap, jenis usaha sudah ada, modal sudah cukup, maka langkah selanjutnya adalah membentuk pasar. Kita bisa melakukan analisa kecil-kecilan pada daerah yang berpotensi untuk diirikan sebuah usaha. Siapa saja calon konsumen kita, apakah anak sekolah, para mahasiswa, pekerja kantoran, para ibu rumah tangga dan lain sebagainya. Tentunya ini harus diketahui sejak awal sebelum benar-benar menemukan lokasi usaha yang tepat.

Sumber: DLLAJ-Fb

Related Posts