Mau Tau, Dari Mana Bill Gates Raup Kekayaan Ribuan Triliun?

|


#NITIZEN - Jakarta, Kekayaan Bill Gates jelas sangat susah dihabiskan. Dalam perhitungan terakhir oleh Bloomberg, sang pendiri Microsoft punya kekayaan diestimasi USD 90 miliar atau sekitar Rp 1.192 triliun. Darimana harta sebanyak itu dikumpulkan oleh seorang Bill Gates?

Dikutip dari laman detikINET dari ABC, Rabu (24/8/2016), sebagian dari kekayaan Bill Gates tentu berasal dari Microsoft, tapi mungkin tak sebesar yang dibayangkan. Bill kabarnya punya 2,5% saham Microsoft.

Jika diterjemahkan dalam bentuk uang, jumlah saham di Microsoft menyumbang sekitar USD 11 miliar dari seluruh kekayaan suami Melinda Gates itu. Jadi dari manakah yang lainnya?

Aset terbesar Bill Gates disebut-sebut adalah Cascade Investment, sebuah perusahaan investasi yang menanamkan modal di banyak perusahaan lain. Misalnya saja ke Strategic Hotels yang mengelola hotel mewah Intercontinental, Four Seasons dan Ritz Carlton.

Juga ke perusahaan transportasi besar Canadian National Railway Company, di mana Bill Gates memiliki saham individual terbesar sebanyak 12%. Perusahaan dengan sekitar 24 ribu pegawai ini beroperasi di wilayan Kanada dan Amerika Serikat.

Masih banyak perusahaan lain yang sahamnya turut dimiliki oleh Bill, sebut saja perusahaan pengelolaan sampah Republic Services. Juga perusahaan teknologi energi, Ecolab.

Kekayaan Bill saat ini kabarnya setara dengan 0,5% Gross Domestic Product atau GDP Amerika Serikat. Dan seandainya dia adalah sebuah negara, maka Bill akan melampaui Ukraina dan menjadi ekonomi terbesar nomor 63 di dunia.

(fyk/yud/detikinet.com)

Related Posts