Aplikasi Bermuatan Malware Baru Ada di Play Store

|


#NITIZEN - Perusahaan keamanan Check Point mengklaim menemukan malware baru bernama DressCode, yang telah menginfeksi 40 aplikasi di Play Store. Check Point menyebut malware ini menginfeksi aplikasi pertama di toko aplikasi Google ini pada April 2016.

Check Point menjelaskan malware ini bertugas menciptakan botnet, memungkinkan penyerang menggunakan perangkat yang terinfeksi untuk mengarahkan trafik. Dalam kasus DressCode, lanjut Check Point, peretas hanya menggunakannya untuk menghasilkan iklan klik dan trafis palsu untuk mengumpulkan keuntungan iklan.

Namun, botnet dari malware ini juga dapat digunakan untuk serangan lebih serius, seperti memperoleh akses ke server dan file, terutama bagi pengguna perangkat pribadi untuk kebutuhan pekerjaan mereka atau BYOD, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

Check Point mengaku telah memberitahukan Google terkait aplikasi yang telah terinfeksi. Google juga mengungkap akan menghapus aplikasi tersebut secara berkala. Malware ini umumnya tersemat pada aplikasi anak-anak, seperti Dress Up.

Malware ini juga diperkirakan telah menginfeksi lebih dari 400 aplikasi tidak resmi sejak kemunculannya di bulan April lalu. Pengguna perangkat bersistem operasi Android disarankan untuk berhati-hati saat mengunduh aplikasi dari toko aplikasi Google tersebut.

(MMI/metrotvnews.com)

Related Posts