Ini Dia Cara Cek Androidmu Asli atau Tidak

|


#NITIZEN - Karena merupakan sistem operasi open source, banyak vendor dengan mudah dan leluasa mengembangkan smartphone Android. Dampaknya, pilihan smartphone Android semakin beragam. Saking beragamnya, tidak sedikit pihak tidak bertanggung jawab membuat smartphone murah yang didesain sedemikian rupa hingga mirip smartphone mahal, atau biasa disebut smartphone KW alias tiruan.

Nah, kamu nggak mau kan mengeluarkan uang tapi dapatnya barang palsu? Rugilah. Makanya, yuk cek keaslian smartphone kamu!

Cara Cek Keaslian Smartphone Android
Dengan desain yang dibuat serupa aslinya, tentu kamu dengan mudah tergiur oleh harga smartphone yang murah. Biasanya pihak tidak bertanggung jawab menjualnya dengan embel-embel smartphone blackmarket yang didatangkan dari Batam. Tapi apakah demikian? Beberapa smartphone Android palsu dibekali dengan spesifikasi yang jauh berbeda dengan smartphone asli. Tentu ini sangat menjengkelkan. Makanya, yuk cek keaslian smartphone yang kamu beli!

1. Download aplikasi AIDA

Untuk memeriksa keaslian smartphone, kamu bisa terlebih dahulu men-download aplikasi AIDA begitu smartphone kamu terhubung dengan Internet. Setelah data di AIDA muncul, segera samakan spesifikasi yang muncul di smartphone dengan spesifikasi resmi smartphone terkait di website resminya atau di situs lain yang terpercaya.

Jika ternyata spesifikasinya tidak sesuai, kamu berhak untuk mengembalikan barang tersebut kepada penjual. Toh, kamu tidak mendapatkan spesifikasi yang tidak sesuai kan? Memang tidak bisa dipungkiri, kita membeli smartphone karena terbuai dengan spesifikasi yang ditawarkan, bukan hanya harga.

2. Cek Charger Dengan Ampere

Tanpa harus membongkar dalaman charger, kamu bisa mengetahui keaslian charger smartphone dengan mudah. Caranya, install aplikasi Ampere. Aplikasi ini akan mengukur besaran arus yang dikeluarkan dari charger kamu. Jika ternyata arusnya sangat lemah, jelas charger-nya palsu. Dan jika charger palsu, smartphone kamu besar kemungkinan juga palsu.

3. Cek dengan aplikasi AnTuTu

Meski skor AnTuTu bukanlah harga mutlak dalam menentukan performa smartphone, tapi skor ini bisa dijadikan patokan untuk pembanding keaslian smartphone. Setelah AnTuTu Benchmark ter-install di smartphone kamu, segera cari tahu skor AnTuTu smartphone yang kamu beli di Internet. Pastikan angkanya tidak terpaut jauh. Jika angkanya jomplang, kamu wajib curiga dengan keaslian smartphone milikmu.

Beberapa smartphone dibekali dengan Power Mode beragam. Hal ini bisa mempengaruhi performa smartphone. Pastikan kamu menguji skor AnTuTu dengan mode yang sama dengan yang diuji di Internet.

4. Cek IMEI

Di smartphone Android, kamu bisa secara mudah mengecek IMEI dengan masuk menu Settings - About atau dari dial phone *#06#. Setelah tahu IMEI kamu, langsung cek lewat website http://www.imei.info/. Jika informasi yang muncul ternyata tidak sesuai dengan informasi seharusnya, segera kembalikan ke toko terkait.

Nah, itu dia 4 cara mudah untuk mengecek keaslian smartphone. Sudah cek keaslian smartphone kamu belum? Jangan sampai kamu datang ke service center tapi ternyata smartphone yang kamu bawa adalah smartphone palsu. Kan malu?.
(jalantikus.com)

Related Posts